Find Us On Social Media :

Update Covid-19; Dr. Anthony Fauci Akhirnya Buka Suara Tegas Menjawab Desakan Ilmuwan Aerobiologi Prihal Penularan Covid-19 Melalui Udara

Virus corona dapat menular melalui transmisi udara

GridHEALTH.id - Update Covid-19; Dr. Anthony Fauci Akhirnya Buka Suara Tegas Menjawab Desakan Ilmuwan Aerobiologi Prihal Penularan Covid-19 Melalui Udara

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Kamis merilis pedoman baru tentang penularan virus corona yang diakui dapat terjadi melalui udara sehingga menyebabkan Covid-19.

Dalam panduan terbarunya, WHO mengakui bahwa beberapa laporan yang berkaitan dengan kondisi ramai di dalam ruangan telah dimungkinkan adanya transmisi aerosol, seperti saat latihan paduan suara, di restoran atau di kelas kebugaran.

Tetapi WHO mengatakan lebih banyak penelitian "sangat dibutuhkan untuk menyelidiki kejadian seperti itu dan menilai signifikansi mereka untuk transmisi Covid-19.", seperti dilansir dari Reuters.

Baca Juga: Sempat Kukuh, Kini WHO Akui 'Transmisi Udara' Covid-19 Tidak Dapat Dikesampingkan

Laporan ini mengikuti surat terbuka dari para ilmuwan aerobiologi, mereka mendesak badan global untuk memperbarui panduannya tentang bagaimana penyakit pernapasan menyebar termasuk transmisi aerosol.

Berdasarkan tinjauan bukti, WHO mengatakan bahwa virus corona yang menyebabkan Covid-19 menyebar melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Orang tersebut menyebarkan virus melalui air liur, sekresi pernapasan atau tetesan yang dikeluarkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara atau bernyanyi.

Baca Juga: WHO Sudah Akui Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Udara, Ahli Sebut Tak Cukup Gunakan Masker dan Cuci Tangan