Find Us On Social Media :

Agar Makanan Awet dan Bebas Bakteri, Penting Memilih Wadah Penyimpanan Makanan yang Tepat

Ilustrasi wadah makanan

GridHEALTH.id - Keracunan makanan sering disebabkan oleh bakteri dari makanan yang telah disimpan, disiapkan, ditangani atau dimasak secara tidak benar.

Makanan yang terkontaminasi oleh bakteri mungkin terlihat dan berbau normal, namun jika makanan tidak disimpan dengan benar, bakteri di dalamnya dapat berkembang biak ke tingkat yang berbahaya.

Baca Juga: Bisa Sebabkan Keracunan, 4 Hal Ini Harus Diperhatikan Sebelum Memanaskan Makanan

Bakteri yang meracuni makanan tumbuh dan berkembang biak tercepat di zona bahaya suhu antara 5° Celcius dan 60° Celcius. Untuk itu, penting menjauhkan makanan berisiko tinggi dari zona suhu ini.

Beberapa makanan berisiko tinggi itu termasuk daging mentah dan dimasak, produk susu, makanan laut, nasi dan pasta yang dimasak, salad, makanan siap saji, maupun makanan kaleng.

Baca Juga: Masak Makanan Memang Harus Matang, Jika Terlalu Matang Ini yang Bisa Terjadi Pada Kita yang Mengonsumsinya

Jenis makanan tersebut bisa menjadi makanan berisiko tinggi setelah dibuka dan harus ditangani dan disimpan dengan benar.

Dilansir dari Better Health, ada baiknya memilih wadah penyimpanan makanan yang kuat dan tidak beracun yang penggunaannya dikhususkan untuk penyimpanan makanan dan dilengkapi dengan tutup yang rapat untuk meminimalkan potensi kontaminasi.