Find Us On Social Media :

'Viral Load', Faktor Penting Berperan Pada Penularan Virus Corona

Viral load akan semakin tinggi pada orang yang tidak menjaga jarak dan tidak memakai masker. Apalagi sekarang banyak OTG virus corona.

 

GridHEALTH.id - Setelah kasus virus corona muncul di Indonesia pada bulan Januari 2020 dan berjalan hingga 6 bulan ini, mungkin muncul pertanyaan, mengapa ada orang yang terinfeksi tapi tidak timbul gejala, tapi ada pasien sehat terjangkit virus kemudian meninggal dunia?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebelumnya kita pernuh mengenal istilah di dunia kedokteran yang disebut viral load.

Viral load adalah jumlah kuantitatif partikel virus yang masuk ke sistem  tubuh. Dengan bahasa lain, vral load adalah jumlah virus dalam sampel, terutama darah seseorang atau cairan tubuh lainnya. Viral load biasanya diukur untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi atau tidak.

Menurut penelitian ilmiah, viral load ini adalah “key factor/faktor penting” yang menentukan ringan atau beratnya infeksi dari Covid-19.

Mengutip tulisan dari dokter Nikolas Wanahita, MD,MHA,FACC,FSCAI Internist; General and Interventional Cardiologist Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapore yang beredar di facebook, dirinya menegaskan bahwa tidak ada obat-obat yang bisa menyembuhkan virus. Hanya immunitas badan yang bisa melawan dan memberantas virus dari sistem tubuh. 

 

Golongan pasien dengan immunitas rendah adalah mereka dengan kondisi pre-morbid, contohnya penderita hipertensi/darah tinggi, diabetes, pasien yang pernah transplantasi organ, penderita HIV/AIDS, lanjut usia, penderita jantung, atau penyakit kronis lainnya.

Tetapi, mengapa banyak penderita berusia muda dan sehat seperti dokter pertama di Wuhan akhirnya terkapar parah di ICU dan meninggal. 

Baca Juga: Banyak yang Tak Patuh Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, Ini Kata Psikolog

Baca Juga: Pasang IUD Paling Nyaman Ternyata di Saat Haid, Ini Alasannya

Demikian juga banyak dokter-dokter muda di Italy, US, Indonesia yang meninggal. Padahal seharusnya imunitas mereka masih bagus?