Find Us On Social Media :

Mengenal Efek Samping Obat, Mulai Diare Ringan Hingga Berisiko Nyawa

Efek samping obat, ada yang ringan hingga berat yang berisiko mengancam nyawa.

GridHEALTH.id -  Efek samping obat adalah semua efek yang tidak dikehendaki yang membahayakan atau merugikan pasien (adverse reactions ) akibat penggunaan obat.

Definisi efek samping obat menurut WHO adalah tiap respons terhadap obat yang merugikan atau tidak diharapkan, yang terjadi pada dosis yang digunakan pada manusia untuk tujuan profilaksis, diagnosis dan terapi.

Lebih luas lagi, efek samping dapat diartikan sebagai yang tidak diinginkan akibat penggunaan berupa obat, prosedur bedah, atau jenis intervensi lain, termasuk terapi komplementer dan alternatif. 

Efek samping obat dapat bervariasi untuk setiap pasien, tergantung pada kesehatan mereka, keadaan penyakit mereka, usia, berat badan, dan jenis kelamin, serta respons tubuh. Efek samping obat bisa bersifat ringan, sedang, atau berat.

Dikutip dari tulisan Samir Jalali, Apt dalam tulisannya berjudul 'Bijak Gunakan Obat: Kenali Efek Samping Obat, Vaksin, Kemoterapi' di apotekeranda.com, efek samping dari obat-obatan dapat terjadi akibat ketidakpatuhan dalam meminum obat, yaitu ketika pasien tidak mengikuti instruksi dalam resep yang disampaikan oleh dokter dan apoteker.

Baca Juga: Obat Diabetes Bisa Picu Penyakit Kardiovaskular, Ini Penjelasannya

Baca Juga: Studi: Kekebalan Tubuh Penyintas Covid-19 Ternyata Cuma 3 Bulan

 

Namun bisa juga karena kondisi tubuh pasien tidak dapat menerima kandungan obat-obatan yang masuk. Misalnya reaksi alergi akibat mengonsumsi antibiotika, yang berarti si pasien alergi terhadap antibiotik.