Find Us On Social Media :

Boleh Dicoba, Diet Cabai Bantu Turunkan Berat Badan Agar Langsing

Kandungan Kapsaisin dalam cabai dapat mempercepat metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

 

GridHEALTH.id -  Pernah merasakan panas atau bahkan berkeringat saat makan makanan pedas? Itu karena kerja kapsaisin yang terdapat pada cabai.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kapsaisin dapat meningkatkan metabolisme dan juga pembakaran lemak. Selain itu, kapsaisin juga terbukti bisa mengurangi nafsu makan dan asupan kalori. 

Salah satu penelitian berjudul ‘Could capsaicinoids help to support weight management?’ ditemukan bahwa konsumsi kapsaisin setiap hari dapat berkontribusi pada penurunan berat badan melalui pengurangan asupan energi. 

Kapsaisin ini selain terdapat pada cabai pada umumnya, juga terdapat dalam keluarga cabai lainnya. Salah satunya paprika.

Dalam studi tersebut, para peneliti memantau 40 orang dewasa sehat. Mereka meneliti efek dari suplemen ekstrak paprika. Setelah itu diukur pengeluaran energi saat istirahat, detak jantung, dan tekanan darah. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis rendah ekstrak paprika meningkatkan kecepatan metabolisme setara dengan membakar 116 kalori sehari. Ini berarti 0,4 kilogram lemak hilang lebih dari 30 hari. 

Baca Juga: 4 Manfaat Cabe Rawit Bagi Penderita Diabetes, Bantu Kendalikan Gula Darah

Baca Juga: Memang Benar Nyamuk Ikut Tularkan Covid-19? Begini Kata Ahli

“Temuan ini memberikan harapan, ada potensi kapsaisin digunakan sebagai alat bantu penurunan berat badan alami jangka panjang,” kata peneliti di jurnal Obesity Open Access.