Find Us On Social Media :

Masker N-95 Diklaim Tidak Aman dan Tak Disarankan, Benarkah Jenis Masker Ini Tak Mampu Cegah Corona?

Masker N95

GridHEALTH.id - Seiring kemunculan pandemi Covid-19 dan kasusnya semakin bertambah, masyarakat dunia diimbau untuk mengenakan masker wajah.

Namun, munculnya imbauan tersebut membuat masyarakat dunia bertanya-tanya seperti apa masker yang harus digunakan dan jenis apa yang harus dihindari.

Baca Juga: Jangan Salah, Hanya Jenis Masker ini yang Disarankan untuk Digunakan

Beragam pilihan jenis masker yang muncul di pasaran membuat masyarakat memilih jenis masker yang dipercaya mampu melindunginya dari paparan virus corona. Salah satu jenis masker yang menjadi pilihan adalah masker N-95.

Dilaporkan Times of India, baru-baru ini Departemen Kesehatan telah memperingatkan semua negara bagian dan wilayah persatuan penggunaan masker N-95 dengan respirator valved.

Baca Juga: Produk Baru Masker N95 dari Silikon, Habis Pakai Bisa Dicuci Ulang

Menurut departemen tersebut, masker jenis ini tidak mencegah penyebaran virus dan terbukti "merusak" tindakan yang diambil untuk penahanannya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Layanan Kesehatan (DJCK), di Kementerian Kesehatan, menulis surat kepada otoritas negara pada hari Senin (20/7/2020) lalu, mengamati bahwa masyarakat telah menggunakan masker N95 secara tidak tepat.