Find Us On Social Media :

Lain Negara Beda Kebijakan Pandemi Covid-19, Pejabat Swedia Anggap Individu Terinfeksi Covid-19 Aman Kontak dengan Kelompok Berisiko Tinggi

Swedia Anggap Individu Terinfeksi Covid-19 Aman Kontak dengan Kelompok Berisiko Tinggi

GridHEALTH.id - Lain Negara Beda Kebijakan Pandemi Covid-19, Pejabat Swedia Anggap Individu Terinfeksi Covid-19 Aman Kontak dengan Kelompok Berisiko Tinggi

Orang dengan Covid-19 kemungkinan mendapatkan kekebalan selama 6 bulan dan aman bagi mereka melakukan kontak secara bebas. Benarkah?

Baca Juga: Jika Muncul Tanda-tanda Berikut Saat Anak Mual Muntah, Jangan Dianggap Biasa

Otoritas kesehatan Swedia mengatakan, orang dengan Covid-19 kemungkinan mendapatkan kekebalan selama enam bulan setelah terinfeksi, baik mereka sudah mengembangkan antibodi maupun tidak.

Dalam panduan baru yang diterbitkan pada hari Selasa (21/7/2020), Badan Kesehatan Masyarakat Swedia mengatakan saat ini dianggap aman bagi individu yang telah terinfeksi untuk melakukan kontak dengan orang-orang dalam kelompok berisiko tinggi.

Baca Juga: Studi: Kekebalan Tubuh Penyintas Covid-19 Ternyata Cuma 3 Bulan

Menurutnya, kemungkinan orang yang pernah terinfeksi Covid-19 sangat kecil untuk dapat terinfeksi kembali dan menularkannya kepada orang lain.

"Risiko terinfeksi ulang dan menularkan penyakit kepada orang lain mungkin sangat mendekati nol," kata Tegnell.

"Karena itu, kami pikir kamu bisa bertemu orang lain, walaupun mereka dalam kelompok berisiko tinggi." ujar dia.

Tegnell pun mengaku sejauh ini dirinya tidak menemukan adanya kasus pasien Covid-19 terinfeksi virus corona sebanyak dua kali.

Baca Juga: Dicari Sel-T, Rantai yang Hilang Pada Kekebalan Virus Corona