Find Us On Social Media :

Dikabarkan Tidak Ada Dampak Parah, Peneliti Sebut Vaksin Covid-19 Buatan China Miliki Efek Samping

[Ilustrasi] Vaksin virus corona.

GridHEALTH.id -  Presiden Joko Widodo mengumumkan jika vaksin Covid-19 buatan China akan siap diedarkan pada awal tahun 2021.

Sebelum diedarkan, vaksin Covid-19 dari perusahaan Sinovac Biotech yang bekerja sama dengan Bio Farma ini masih dalam uji klinis tahap III pada Selasa (11/8/2020).

Baca Juga: Ikut Jadi Relawan Vaksin Corona Buatan China, Wanita Ini Ceritakan Efek Sampingnya: 'Kami Langsung Alami Kenaikan Suhu dan Diare'

Dikabarkan, vaksin yang diberikan telah menimbulkan respon kekebalan tubuh untuk percobaan pada manusia, dan menunjukkan adanya perlawanan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus corona.

Sinovac juga mengungkapkan vaksin Covid-19 belum menyebabkan efek samping yang parah dan lebih dari 90% orang yang diberi suntikan pada interval 14 hari telah menginduksi antibodi penawar dua minggu setelah inokulasi.

Baca Juga: Layaknya Perokok, Pengguna Rokok Elektrik 5 Kali Lebih Rentan Terpapar Virus Corona

Kendati demikian, baru-baru ini Manajer Lapangan Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 FK Unpad, Eddy Fadlyana mengungkapkan calon vaksin Covid-19 tersebut memiliki efek samping.