Find Us On Social Media :

Jahe Sebagai Antihistamin Alami, Manfaatnya Pereda Gatal Saat Biduran

Dapat dibuat teh, jahe sebagai antihistamin alami dapat meredakan gatal saat biduran.

 

GridHEALTH.id - Biduran adalah gangguan yang terjadi pada kulit, sehingga menyebabkan timbulnya ruam kemerahan disertai rasa gatal dan bentol.

Gangguan ini umum terjadi dan banyak faktor yang dapat menyebabkannya, seperti stres, efek samping obat, akibat suhu di sekeliling seperti kedinginan atau kepanasan, mengalami infeksi, hingga gigitan serangga.

Ketika zat-zat yang menyebabkan alergi tersebut masuk ke tubuh, maka sistem imunitas tubuh akan melepaskan histamin dalam aliran darah yang dapat mempercepat produksi lendir. Hal ini juga akan menimbulkan gejala alergi umum, seperti ruam kulit, iritasi, dan lainnya.

Banyak pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi biduran, walaupun biasanya dokter akan memberikan obat-obatan.

Beberapa obat yang umum dikonsumsi, seperti antihistamin, kortikosteroid, hingga injeksi epinephrine. Walau begitu, kita juga dapat memilih cara alami untuk mengatasi gangguan kulit tersebut. Contohnya jahe sebagai antihistamin alami .

 

Untuk memahami mengapa pengobatan alami ini berhasil, ada baiknya untuk memahami sedikit tentang histamin.

Baca Juga: Usianya 63 Tahun Tapi Disebut Artis Paling Cantik, Sup Jahe Jadi Rahasia Awet Muda

Baca Juga: Studi: Nikotin Membuat Sistem Imunitas Tubuh Jadi Tak Terkendali

Histamin adalah protein yang menyebabkan peradangan, kemerahan, dan iritasi. Ini diproduksi sebagai respons terhadap protein lingkungan atau makanan, juga dikenal sebagai antigen.