Find Us On Social Media :

Obat Covid-19 Buatan Unair Diklaim 90 Persen Bunuh Virus Corona, Satgas Covid-19 Sebut Belum Ada Obat untuk Covid-19

Satgas Covid-19 tegaskan belum ada obat untuk menyembuhkan pasien corona meski obat Covid-19 buatan Unair sudah beredar

GridHEALTH.id -  Kabar baik silih berganti di tengah pandemi Covid-19 yag menerpa Tanah Air, seperti baru-baru ini berembus kabar bahwa Indonesia telah menemukan obat Covid-19 buatan anak negeri.

Kabarnya obat anti Covid-19 buatan Universitas Airlangga (Unair) ini ampuh membunuh virus corona hingga lebih dari 90% dalam waktu 3 hari.

Baca Juga: 90 Persen Bunuh Virus Corona, Indonesia Nyatakan Miliki Obat Anti Covid-19 Buatan Universitas Airlangga

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Unair selaku Ketua Tim Uji Klinis Kombinasi obat anti Covid-19 dr Purwati mengatakan, dari hasil uji klinis, obat tersebut mampu mengobati pasien Covid-19 dengan tingkat keampuhan 90%, kecuali bagi penderita Covid-19 menggunakan ventilator.

"Kemudian yang tidak kalah penting itu adalah PCR, PCR ini negatif dalam 3 hari itu 90 persen. Jadi minimal 90 persen. Ada yang 92, 93, 96, dan 98 persen. Untuk PCR kuantitatif itu ada penurunan jumlah virus secara signifikan," kata Purwati.

Baca Juga: Hampir 150 Ribu Kasus Positif Corona, Satgas Covid-19: 'Kondisi Penanganan di Indonesia Lebih Baik dari Rata-rata Dunia'

Kendati demikian, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, menyampaikan bahwa sampai sekarang, dunia belum menemukan “penawar” atau “obat” untuk Covid-19.