Find Us On Social Media :

Waspadai Trikomoniasis, Penyakit Menular Seksual yang Bisa Bikin Mandul

Trikomoniasis adalah penyakit infeksi menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi parasit protozoa. Bisa berakibat sulit hamil.

 GridHEALTH.id - Trikomoniasis ("trich") adalah penyakit infeksi menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi parasit protozoa yang disebut Trichomonas vaginalis.

Pria dan wanita bisa terkena penyakit ini. Tetapi risiko wanita terkena penyakit ini lebih besar. Jumlah kasus terbanyak terjadi pada wanita berusia antara 16 dan 35 tahun.

Vagina adalah tempat infeksi paling umum pada anak wanita dan wanita dewasa, dan uretra adalah tempat infeksi paling umum pada anak laki-laki dan pria dewasa.

Parasit ini ditularkan melalui hubungan seks (penis-ke-vagina atau kontak vulva-ke-vulva) dengan pasangan yang terinfeksi.

Wanita bisa mendapatkan penyakit dari pria atau wanita yang terinfeksi, tetapi pria biasanya tertular hanya dari wanita yang terinfeksi.

Trikomoniasis bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain dalam tiga cara yaitu hubungan seks tanpa kondom (oral, vagina, anal), menggunakan mainan seks yang tidak dicuci, dan dari ibu ke bayi selama persalinan.

Baca Juga: Ramai di Media Sosial Dosen Cabul Doyan Swinger, Ini Bahayanya Buat Fisik dan Mental

Baca Juga: Penyebaran Covid-19 di Indonesia Sudah Tidak Terkendali, Jauh di Atas Angka WHO

Tetapi penyakit ini tidak dapat menular karena memeluk, ciuman, berenang, kursi toilet ataupun berbagi sendok, garpu, dan handuk.