Find Us On Social Media :

Penyebaran Covid-19 di Indonesia Sudah Tidak Terkendali, Jauh di Atas Angka WHO

Penyebaran Covid-19 di Indonesia sungguh memprihatinkan. Jauh di atas yang disyaratkan WHO untuk disebut terkendali.

GridHEALTH.id - Media Reuters dalam artikel terbaru berjudul "Endless first wave: how Indonesia failed to control coronavirus", menyoroti soal bagaimana Indonesia menanggapi pandemik dan Covid-19  (20/08/2020).

Artikel tersebut menyoroti tanggapan tidak biasa dari beberapa menteri selama enam bulan terakhir atau sejak pandemik Covid-19 terjadi di Indonesia. Mulai dari saran untuk memanjatkan doa, guyonan soal nasi kucing hingga kalung anti corona.

Saran dan "solusi" semacam itu dianggap mencerminkan pendekatan yang tidak ilmiah untuk memerangi pandemik Covid-19 di Indonesia, yang merupakan negara terpadat keempat di dunia.

Kondisi tersebut diperparah dengan tingkat pengujian Covid-19 yang termasuk terendah di dunia serta pelacakan kontak yang tidak maksimal. Terlebih, sejak awal pandemik, pemerintah menolak untuk menerapkan penguncian nasional alias lockdown.

Hingga Rabu (19/08/2020), Indonesia melaporkan 6.346 kematian akibat Covid-19. Jumlah ini merupakan yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Namun diperkirakan bahwa jumlah korban meninggal jauh lebih tinggi dari angka resmi tersebut. Karena jumlah orang yang meninggal dunia dengan gejala Covid-19 akut yang tidak dites tidak termasuk dalam hitungan.

Baca Juga: Tak Tergantung Pada Satu Produsen, Malaysia Siap Bagikan Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Semua Warganya

Baca Juga: Tiga Pejabat Kesehatan Donald Trump Mundur, Prihatin Dengan Sepak Terjang Sang Bos Atasi Covid-19

Penularan Covid-19 di Indonesia juga semakin mengkhawatirkan dengan 17% dari mereka yang dites dinyatakan positif Covid-19. Jumlah ini meningkat hampir 25% di luar Jakarta.