Find Us On Social Media :

Seluruh Dunia Kena Covid-19, 10 Negara Ini Aman Tidak Tersentuh

Wilayah Nauru, salah satu negara di Samudra Pasifik yang tidak tersentuh Covid-19

GridHEALTH.id -Ketika seluruh dunia sudah terkena penyebaran Covid-19, nyatanya ada 10 negara yang tidak terjangkit virus tersebut.

Negara-negara tersebut kebanyakan berada di Samudra Pasifik, yaitu Palau, Micronesia, Marshall Islands, Nauru, Kiribati, Solomon Islands, Tuvalu, Samoa, Vanuatu dan Tonga.

Negara pertama yang tidak mengalami virus corona ini adalah Palau. Pada tahun 1982 negara tersebut membuka sebuah hotel yang dinamakan hotel Palau dan merupakan tempat penginapan satu-satunya di sana. 

Sejak itu, pariwisata di negara kecil yang dikelilingi oleh samudra Pasifik itu mengalami lonjakan. Pada tahun 2019, sebanyak 90.000 pelancong datang ke Palau, lima kali lipat dari total populasi.

Pada tahun 2017, angka-angka dari lembaga keuangan dunia IMF menunjukkan, sektor pariwisata menyumbang 40% dari Produk Domestik Bruto negara. 

Namun, itu sebelum dunia dilanda pandemi virus corona. Kendati negara-negara tersebut tidak ada warganya yang terinfeksi virus corona, namun secara ekonomi mereka juga ikut merasakan dampaknya.

Baca Juga: Maret Hingga Agustus Tercatat 86 Kematian Dokter Akibat Covid-19

Baca Juga: Tak Ada Kasus Corona, Negara Ini Klaim Rahasianya Karena Pohon Kelapa

Akibatnya hotel Palau pun ditutup sejak Maret, dan bukan hanya hotel itu saja. Restoran-restoran terlihat kosong, toko-toko suvenir tutup, dan satu-satunya tamu hotel adalah warga setempat yang melakukan karantina.