Find Us On Social Media :

Sudah Sembuh, Pasien di Belgia dan Belanda Kambuh Lagi Covid-19

Suasana sebuah rumah sakit di Belanda. Ada pasien dinyatakan sudah sembuh, tetapi kambuh lagi Covid-19, kembali terinfeksi virus corona.

GridHEALTH.id - Pasien di Belanda dan satu lagi di Belgia telah dipastikan telah terinfeksi kembali dengan virus korona, penyiar nasional Belanda NOS melaporkan Selasa (25/08/2020), mengutip ahli virologi. 

Berita itu menyusul laporan minggu ini oleh para peneliti di Hong Kong tentang seorang pria di sana yang telah terinfeksi kembali 4,5 bulan setelah dinyatakan sembuh.

NOS mengutip ahli virologi Marion Koopmans yang mengatakan pasien Belanda adalah lansia dengan sistem kekebalan yang lemah.

Dia mengatakan bahwa kasus di mana orang telah lama sakit dengan virus dan kemudian kambuh lagi Covid-19 bisa terjadi dan sudah diprediksi.

Tetapi infeksi ulang yang sebenarnya, seperti pada kasus di Belanda, Belgia dan Hong Kong, memerlukan pengujian genetik virus pada infeksi pertama dan kedua untuk melihat apakah kedua contoh virus sedikit berbeda.

Koopmans, seorang penasihat pemerintah Belanda, mengatakan infeksi ulang telah diperkirakan. "Bahwa seseorang akan muncul dengan infeksi ulang, itu tidak membuat saya heran. Tetapi kami harus menelaah, apakah hal ini bakal sering terjadi."

Pasien Belgia itu mengalami gejala ringan, kata ahli virologi Marc Van Ranst yang dikutip NOS. Tapi "itu bukan kabar baik," tambahnya.