Find Us On Social Media :

Untuk Tekan Penyebaran Infeksi Covid-19, WHO Umumkan 3 Kelompok yang Bakal Dapat Prioritas Bila Vaksin Berhasil Lewati Uji Klinis

Untuk tekan penyebaran infeksi Covid-19, WHO tetapkan skema 3 kelompok yang akan didahulukan untuk mendapakan vaksin virus corona bila uji klinis berhasil.

 

GridHEALTH.id - Infeksi Covid-19 di seluruh dunia pada hari Selasa (25/08/2020) er pukul 09.25 WIB telah mencapai 14.655.405 kasus. 8.227.804 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan lembaga yang bernama Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Saat ini, Brasil, India, Rusia, dan Afrika Selatan tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, masih menurut lembaga yang sama. 

Guna menekan angka penyebaran infeksi Covid-19 ,  sejumlah negara tengah berlomba-lomba mengembangkan vaksin Corona COVID-19. Seperti dikutip dari Reuters, (21/08/2020) berikut 4 negara yang tengah kembangkan vaksin potensial tersebut dan telah mencapai tahap uji klinis pada manusia yaitu Inggris,  China, Rusia dan Amerika Serikat.

Namun demikian, meski belum ada satupun vaksin yang direkomendasikan oleh WHO, dalam pedoman terbaru mengenai distribusi vaksin Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diketahui telah memiliki skema yang bakal diterapkan.  

WHO meminta semua negara agar warganya yang termasuk dalam kategori berisiko diprioritaskan terlebih dahulu untuk mendapat suntikan vaksin. 

Mereka adalah, petugas kesehatan, orang-orang dengan penyakit penyerta dan lansia. Dalam sebuah breafing, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, membicarakan lebih detail mengenai hal ini. 

"Awalnya ketika pasokan terbatas, penting untuk memberikan vaksin kepada mereka yang berisiko tertinggi di seluruh dunia. Ini termasuk petugas kesehatan, karena mereka berada di garis depan dalam pandemi dan sangat penting untuk menyelamatkan nyawa dan menstabilkan sistem kesehatan secara keseluruhan," ujarnya dikutip Times of India (26/08/2020).