Find Us On Social Media :

Sebelum Beli Produk Pangan dalam Kemasan, Cek Informasi Ini di Labelnya

Ilustrasi seorang perempuan sedang membaca informasi nilai gizi pada kemasan produk pangan olahan.

GridHEALTH.id – Apa yang pertama kali Anda perhatikan saat hendak membeli produk pangan dalam kemasan? Apakah merek dan harganya, atau diskon menarik yang ditawarkan?

Tak sedikit di antara kita yang hanya memperhatikan hal-hal tersebut saat membeli produk pangan dalam kemasan. Padahal ada hal lain yang lebih penting yaitu informasi nilai gizi yang tertera pada label kemasan produk pangan.  

Informasi nilai gizi menunjukkan kandungan pada makanan yang dibeli. Melalui informasi tersebut konsumen dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan anjuran kesehatan berdasarkan jumlah kandungan kalori, gula, lemak, dan garam, hingga komposisi bahan pembuatnya. 

Oleh sebab itu, menerapkan kebiasaan untuk jeli membaca informasi nilai gizi pada label kemasan pangan yang dikonsumsi sehari-hari juga menentukan kesehatan. Konsumen akan terhindar dari risiko obesitas, atau penyakit degeneratif seperti diabetes dan sakit jantung.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Membaca Informasi Nilai Gizi pada Label Kemasan Makanan

Sayangnya, sebuah studi berjudul Nutritional Labelling: Awareness and Its Effects towards Consumer Behaviour in Purchasing Product yang dilakukan oleh Universiti Teknologi MARA, Malaysia pada 2015 menyebut bahwa kesadaran  untuk membaca label informasi gizi pada kemasan makanan masih rendah di negara Asia Tenggara.

Penelitian tersebut menyebut tiga negara yang masih memiliki kesadaran rendah adalah Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia.

Meneliti label informasi gizi

Direktur Standardisasi Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dra. Sutanti Siti Namtini mengatakan bahwa konsumen harus mulai teliti membaca label pada produk pangan dalam kemasan.

Dalam webinar bertema “Menjadi Konsumen Pintar dengan Baca Label” tersebut diselenggarakan oleh Danone Indonesia, BPOM, dan GridHealth, Jumat (7/8/2020), Sutanti memaparkan informasi apa saja yang penting diperhatikan oleh konsumen sebelum memutuskan membeli sebuah produk pangan dalam kemasan. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Iklan Produk Pangan Olahan Tidak Sesuai dengan yang Tertera di Label, Itu Menyesatkan!

1. Takaran saji