Find Us On Social Media :

Jaga Kualitas Asupan Bayi, Ini 3 Ciri-ciri ASI Perah Sudah Basi

Ilustrasi - Ciri-ciri ASI perah sudah basi.

GridHEALTH.id - Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan utama bayi yang kaya akan nutrisi guna menunjang tumbuh kembang si Kecil.

Disebutkan American Academy of Pediatrics juga, bahwa ASI mengandung antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri.

ASI juga menurunkan risiko bayi terkena berbagai penyakit seperti asma atau alergi, sindrom kematian bayi mendadak, diabetes, obesitas, hingga kanker.

Bagi ibu yang bekerja atau produksi ASI-nya sangat banyak, adalah hal yang biasa bila kemudian ibu memerah ASI untuk disimpan.

Para ibu yang menyimpan ASI perah diharap menambah pengetahuannya tentang cara menyimpan ASI perah.

Sebenarnya tidak ada istilah ASI basi, namun cara penyimpanannya yang salah sehingga membuat ASI perah tidak bisa lagi dikonsumsi si kecil.

Bila disimpan di freezer, ASI dapat bertahan hingga 6 bulan lamanya (dengan catatan freezer kulkasnya baik dan dapat menjaga suhu konstan hingga di bawah nol.

Sedangkan bila disimpan di rak lemari es dapat disimpan hingga dua hari, dan bila ASI perah ditaruh dalam suhu kamar, harus dikonsumsi pada hari yang sama saat di perah (dalam waktu 12 jam). 

Baca Juga: Ilmuwan Beberkan Kelemahan Vaksin Buatan Rusia dan China, Ada Risiko Terinfeksi HIV

Baca Juga: Warga Bogor Bandel, Wakil Wali Kota Bogor Murka, PKL Tak Pakai Masker Berkerumun Saat Jam Malam