Find Us On Social Media :

WHO Perbarui Panduan Perawatan Klinis Dengan Rekomendasi Kortikosteroid Untuk Pasien Covid-19

Dexamethasone adalah sejenis kortikosteroid yang digunakan sebagai obat dalam perawatan pasien Covid-19

 

GridHEALTH.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan panduan untuk dokter dan pembuat keputusan perawatan kesehatan tentang penggunaan kortikosteroid pada pasien dengan Covid-19.

"Kami merekomendasikan kortikosteroid sistemik untuk pengobatan pasien dengan Covid-19 yang parah dan kritis.

Tetapi kami menyarankan untuk tidak menggunakan kortikosteroid dalam pengobatan pasien dengan Covid-19 tanpa keparahankarena pengobatan tersebut tidak membawa manfaat, dan bahkan terbukti berbahaya. Perawatan harus di bawah pengawasan seorang dokter," demikian kata Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus di markasnya, di Jenewa, Swiss (02/09/2020) seperti dikutip dari laman WHO.

Kortikosteroid terdaftar dalam daftar model obat esensial WHO, tersedia secara global dengan biaya rendah.

WHO mendorong negara-negara untuk mempertahankan stok kortikosteroid yang cukup untuk mengobati Covid-19 dan penyakit lain yang efektif, tetapi tidak menyarankan menimbun stok karena dapat menghalangi akses negara lain untuk mendapatkannya. 

Panduan ini dikembangkan bekerja sama dengan Magic Evidence Ecosystem Foundation (MAGIC) nirlaba, yang memberikan dukungan metodologis untuk mengembangkan dan menyebarkan panduan hidup untuk perawatan obat Covid-19. 

Baca Juga: Jangan Keliru, Dexamethasone Bukan Penangkal Corona Tetapi Mengobati Pasien Covid-19 dengan Kondisi Kritis

Baca Juga: Ancaman Penyakit Menular Seksual, Satu Peserta Pesta Gay Terciduk di Kuningan Suite Ternyata Pengidap HIV/AIDS

Pengerjaan panduan ini dimulai pada 22 Juni ketika percobaan penyembuhan menerbitkan laporan awal tentang dampak kortikosteroid.