Find Us On Social Media :

5 Masker yang Direkomendasikan WHO Cegah Covid-19, Kain Katun Boleh Scuba Jangan

Ilustrasi gunakam masker kain katun 3 lapis, direkomendasikan WHO.

GridHEALTH.id -  Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau warga tidak memakai masker scuba dan buff untuk mencegah virus corona (Covid-19).

Pasalnya kedua jenis masker itu dinilai kurang efektif dalam menangkal virus corona.

Lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden yang tayang Selasa (15/9/2020), Wiku menjelaskan, masker scuba atau buff adalah masker dengan satu lapisan saja dan terlalu tipis sehingga kemungkinan untuk tembus lebih besar.

"Selain itu, masker scuba biasanya mudah untuk ditarik ke leher sehingga penggunaannya tidak berarti," jelasnya.

Sementara itu, diketahui di masa pandemi ini, masker menjadi perlengkapan medis yang harus selalu digunakan setiap keluar dari rumah.

Menurut sfcdcp.org, penggunaan masker berguna untuk mencegah penularan penyakit, mencegah iritasi, mencegah kambuhnya alergi akibat udara, juga melindungi diri dari paparan polusi udara.

Masker juga membantu membatasi penyebaran kuman, bakteri ataupun virus termasuk Covid-19 yang penularannya sulit diprediksi.

Lantas, masker seperti apa yang efektif menangkal corona?

Berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Internasional (WHO), saat ini ada lima jenis masker yang bisa menjadi APD paling efektif dalam menangkal penularan Covid-19, diantaranya seperti;

Baca Juga: Masker Scuba Memecah Partikel Droplet Menjadi Lebih Kecil, Mudah Melayang di Udara

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Berkepenjangan, Bantuan Sembako Ditiadakan, 2021 Ada Bantuan Rumah