Find Us On Social Media :

Aneka Jenis Kain yang Direkomendasikan Relawan Covid 19 Untuk Dibuat Masker

Aneka jenis kain yang direkomendasikan ahli untuk masker.

GridHEALTH.id - Penggunaan masker kain dalam menangkal virus corona (Covid-19) kembali menjadi perhatian masyarakat.

Pasalnya Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan masker kain seperti scuba dan buff tak efektif dalam mencegah virus corona.

Baca Juga: Kembali Kecolongan, 3 Penumpang Pesawat dengan Rapid Test Ketahuan Positif Covid-19 usai Jalani Tes Swab di Bandara Tujuan

"Masker scuba atau buff adalah masker dengan satu lapisan saja dan terlalu tipis sehingga kemungkinan untuk tembus lebih besar," jelas Wiku dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden yang tayang Selasa (15/9/2020).

Jika ditilik dari sisi medis masker memang berguna menangkal paparan virus hingga bakteri.

Menurut sfcdcp.org, penggunaan masker berguna untuk mencegah penularan penyakit, mencegah iritasi, mencegah kambuhnya alergi akibat udara, juga melindungi diri dari paparan polusi udara.

Baca Juga: Wagub DKI Rajin Sidak Perusahaan, Kesal Temukan Banyak yang Melanggar Protokol Kesehatan Covid-19, 'Jangan Cuma Pikir Untung, Nyawa Juga Berharga', Karyawan Boleh Lapor Lewat Aplikasi Jika Perusahaannya Tetap Buka

Masker juga membantu membatasi penyebaran kuman, bakteri ataupun virus termasuk Covid-19 yang penularannya sulit diprediksi.

Namun berbicara dengan masker kain, faktanya tidak semua masker kain bisa memberikan perlindungan terhadap Covid-19.

Hal itu diungkap Praktisi Klinik, Edukator Pengamat Kesehatan dan Relawan Covid 19 dr Muhamad Fajri Adda’i saat talkshow dengan Radio Elshinta, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: 17 Aturan Baru yang Wajib Dipatuhi Warga DKI Selama PSBB Ketat

Baca Juga: 5 Tanda Ini Muncul Artinya Daya Tahan Tubuh Melemah, Waspada Infeksi Covid-19, Segera Antisipasi