Find Us On Social Media :

5 Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Anak

Sembelit pada bayi perlu diatasi karena bisa membuat rasa tidak nyaman di perut yang berakibat rewel.

GridHEALTH.id - Sembelit/konstipasi adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh anak. Hal ini dapat terjadi pada  bayi dan anak, sekitar 30 %.

Gejala si kecil mengalami sembelit adalah perut kembung, rasa tidak nyaman di perut yang membuatnya jadi rewel, kehilangan selera makan, dan menangis atau berteriak ketika sedang buang air besar.

Pada anak yang sudah besar juga mereka terlihat menghindari toilet dan mengeluarkan sedikit cairan feses pada popok atau celana dalamnya

Apabila anak si kecil buang air besar tidak normal atau berbeda dengan jadwal buang air besar yang biasanya, perlu diatasi segera.

Si kecil mungkin buang air besar setiap habis makan, atau dia mungkin menunggu satu hari atau lebih untuk buang air besar.

Pola buang air besar setiap anak tergantung pada apa yang ia makan dan minum, seberapa aktif anak, dan seberapa cepat si kecil mampu mencerna makanan dan kemudian buang air besar. Namun dengan latihan, kita akan dapat mengarahkan pada pola buang air besar yang baik.

Baca Juga: Sembelit, Kapan Saat yang Tepat Untuk Mengkonsumsi Obat Pencahar?

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Tahu, Indeks Glikemik dan Glycemic Load

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dicoba untuk mengatasi sembelit pada bayi dan anak;

1. Pijat perut bayi . Tekan dengan tiga jari di bawah pusarnya dan lakukan penekanan yang lembut dengan menggunakan ujung jari kita. Tekan sampai kita a merasakan ada suatu benjolan. Lakukan penekanan yang lembut namun konstan sekitar tiga menit.