Find Us On Social Media :

Beda dengan Satgas dan IDI, Epidemiolog Ini Tak Terima Demo UU Cipta Kerja Jadi Penyebab Lonjakan Kasus Covid-19: 'Tidak Bisa Faktor Tunggal'

Epidemiolog tak terima demo tolak UU Cipta Kerja jadi penyebab utama lonjakan kasus Covid-19

GridHEALTH.id -  Aksi demo tolak UU Cipta Kerja di berbagai daerah di Tanah Air nyatanya membawa kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang.

Seperti diketahui, demo yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini dikhawatirkan menjadi klaster baru Covid-19.

Baca Juga: Demo UU Cipta Kerja Bisa Munculkan Klaster Baru Covid-19, Ahli Epidemiologi: 'Setiap Kerumunan Berpotensi Meningkatkan Kasus'

Bahkan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 hingga Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memprediksi adanya lonjakan kasus Covid-19 dalam 1-2 minggu ke depan akibat dampak dari demo tersebut.

Namun di balik kekhawatiran tersebut, seorang epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman seakan tak terima jika demo tolak UU Cipta Kerja dijadikan penyebab utama lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Minum 3 Cangkir Kopi Perhari Bisa Membuat Payudara Perempuan Mengecil

"(Kerumunan di unjuk rasa) tidak bisa jadi faktor tunggal karena sebelumnya sudah banyak. Dia akan kontribusi, tentu jangan sampai pemerintah atau publik ini (menilai) gara-gara demo (kasus meningkat), tidak bisa begitu," kata Dicky.