Find Us On Social Media :

Bayi Cegukan Bikin Cemas Ibu, Padahal Ini Manfaatnya Buat Si Kecil

Cara mengatasi cegukan pada bayi ternyata mudah.

GridHEALTH.id - Bayi cegukan sering membuat orangtua khawatir. Apalagi jika berlangsung dalam jangka waktu belasan menit.

Padahal, terdapat manfaat tersembunyi dari cegukan pada bayi. Dilansir dari Medical Daily, peneliti menemukan manfaat kesehatan yang tak terduga dari cegukan.

Saat masih berada di dalam kandungan ibu, janin sebenarnya cegukan. Bahkan, diperkirakan bahwa bayi yang lahir prematur menghabiskan satu persen waktu mereka cegukan atau sekitar 15 menit setiap hari.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan pada Journal of Clinical Neurophysiology ini menunjukkan bahwa cegukan mendukung perkembangan otak pada bayi baru lahir. Hal ini memicu aliran sinyal otak yang bisa membantu bayi mempelajari mengenai bernapas.

"Alasan mengapa kita cegukan masih belum jelas sepenuhnya, namun terdapat alasan perkembangan, karena cegukan janin dan bayi baru lahir begitu sering," terang Kimberley Whitehead, peneliti dari University College London.

Peneliti menganalisis aktivitas otak pada 13 bayi baru lahir. Tim peneliti menggunakan electroencephalography (EEG) untuk mempelajari otak dari masing-masing bayi dan meletakkan sensor gerakan pada torso untuk merekam cegukan.

Baca Juga: Bayi Cegukan dan Batuk, Hal ini yang Baiknya Orangtua Lakukan

Baca Juga: 6 Tanda Hubungan yang Sehat Dengan Pasangan, Dari Tidur Berdekatan Hingga Rutin Berhubungan Intim

Peneliti menemukan bahwa cegukan menimbulkan kontraksi pada otot diafragma. Perubahan fisik ini memicu gelombang otak pada korteks otak.