Find Us On Social Media :

Terungkap Oknum Petugas Lapas Diduga Jadi Penyebar Virus Corona, 39 Napi di Sumut Dinyatakan Positif Covid-19

ilustrasi - Penjaga lapas diduga sebarkan virus corona ke puluhan narapidana di Sumut.

GridHEALTH.id - Oknum petugas lapas diduga menjadi penyebar virus corona (Covid-19) ke puluhan narapidana (napi) di Sumatera Utara.

Hal itu diketahui setelah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Utara menyatakan sebanyak 39 narapidan tertular virus corona.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut Pujo Harinto pun membenarkan kejadian tersebut.

"Memungkinkan, teman-teman petugas ini membawa virus. Yang parahnya lagi dia ini OTG, sementara dia merasa sehat, sedangkan narapidana lainnya yang didalam banyak fisiknya yang kurang bagus, Akhirnya bisa saja tertular," ujar Pujo saat diwawancarai TribunMedan, Senin (26/10/2020).

Menurutnya kejadian itu memungkinkan dikarenakan para pegawai yang tak disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) di Kemenkumham.

"Kalau dia nggak disiplin semprot tangan pakai disenfektan, pegang-pegang handle pintu. Setelah pegang handle pintu, atau bicara dia tidak mengenakan masker itu yang kita khawatirkan," ujarnya.

Baca Juga: Asyik Main Pasir, Tangan Anak Anji Kemasukan Larva Cacing Tambang, Butuh Waktu Lebih dari Sebulan agar Sembuh

Baca Juga: Tidak Hanya Olahan Salad, Ini Cara Enak Untuk Menikmati Sayuran yang Sehat