Find Us On Social Media :

Cemburu Boleh, Tapi Jangan Berlebihan Karena Ini Dia Dampaknya

Hubungan asmara bisa terganggu karena tidak ada orang yang senang berkencan atau berpacaran dengan seseorang yang cemburuan.

GridHEALTH.id - Rasa cemburu adalah ketakutan orang lain mengambil sesuatu yang merupakan hak atau milik.

Sementara itu, rasa iri adalah keinginan untuk memiliki sesuatu yang merupakan kepunyaan orang lain. Meski berbeda, kedua perasaan ini bisa berujung pada rasa insecure atau tidak aman.

Khusus rasa cemburu, ini merupakan gabungan dari berbagai emosi seperti marah, jijik, dan kebencian yang dapat dialami oleh semua orang pada usia berapa pun.

Rasa cemburu terjadi pada setiap manusia, namun bila berlebihan, rasa cemburu ini sangat buruk bagi kesehatan mental dan fisik.

Baca Juga: Kapok Jadi Istri Kedua Polisi, Penyanyi Dangdut Ini Mengaku Cemburu Sampai Ditinggal Saat Hamil Besar

Baca Juga: Tidak Disarankan Mengonsumsi Kopi Saat Haid, Ternyata Ini 5 Alasannya

Maka ada baiknya bila Anda melepaskan perasaan negatif tersebut. Di bawah ini kita dapat melihat 8 dampak buruk dari rasa cemburu pada diri kita secara keseluruhan, dikutip dari dokter.id;

1. Dapat menghambat karir

Adanya rasa cemburu atau iri hati di tempat kerja dapat  mempengaruhi kehidupan dengan berbagai cara, mulai dari memberikan kesan yang buruk terhadap rekan-rekan kerja di kantor hingga menghancurkan karir.

Apalagi bila rasa cemburu atau iri hati ini membuat kita sulit bekerja sama dengan orang lain. Hal ini tentu akan sangat mengganggu perkembangan karir di tempat kerja.