Find Us On Social Media :

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla: 'Dengan Vaksin Siap Beredarpun, Indonesia Baru Selesai Pandemi Covid-19 Pada 2022'

Ketua Umum PMI dan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memperkirakan, bila vaksin Covid-19 sudah tersedia di Indonesia pun, pandemi Covid-19 baru akan berakhir pada 2022.

 

GridHEALTH.id - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) sekaligus Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla memperkirakan pandemi Covid-19 di Indonesia belum bisa berakhir dalam waktu dekat.

Ia mengatakan, tanah air butuh waktu paling tidak hingga 2022 untuk benar-benar pulih dari virus corona penyebab Covid-19.

"Kalau ditanya kapan kira-kira pandemi Covid-19 ini selesai, maka saya perkiraan di Indonesia baru bisa selesai pada tahun 2022.

Karena yang bisa menyelesaikan ini hanya vaksin, dan tes klinis vaksin itu baru bisa keluar antara Januari-Februari 2021 dan mulai produksi Maret," terang pria yang akrab dipanggil JK ini saat memberikan pengarahan kepada pengurus dan relawan Covid-19 Palang Merah Indonesia (PMI) Bali (31/10/2020).

JK berdalih, vaksinasi diperkirakan baru siap pada pertengahan 2021. Bila prediksi ini tepat, Indonesia pun masih memiliki pekerjaan rumah selama setahun untuk memberikan vaksi--paling tidak ke 70% penduduknya.

Apalagi menurut JK, negara-negara produsen vaksin seperti China, Inggris dan Amerika pastinya akan mengutamakan kebutuhan dalam negeri masing-masing sebelum mengirimkan ke negara lain, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020 : 6 Jenis Masalah Kejiwaan Ditemukan Selama Pandemi Covid-19

Baca Juga: Tidak Disarankan Mengonsumsi Kopi Saat Haid, Ternyata Ini 5 Alasannya

Bila vaksin Covid-19 sudah tersedia di Indonesia pun, target vaksinasi ke sejuta populasi per hari bukanlah pekerjaan mudah. Mengingat, kemampuan pemeriksaan Covid-19 di Indonesia yang hingga kini pun masih berada pada maksimum 30 orang per hari.