Find Us On Social Media :

Ramai Anjuran #BijakGGL, Penggunaan Gula Kelapa Dinilai Lebih Sehat dari Gula Tebu

Tidak seperti gula putih tradisional, gula kelapa atau gula merah hadir dengan sedikit nutrisi. Indeks glikemiknya rendah.

GridHEALTH.id – Ramai anjuran untuk #bijakGGL yakni salah satunya mengurangi asupan gula, bagaimana dengan penggunaan gula kelapa?

Selama ini orang banyak menggunakan gula tebu (gula pasir)yang bila digunakan berlebihan dapat memicu munculnya penyakit diabetes karena indeks glikemik dan kalorinya tinggi.

Namun, tidak seperti gula putih tradisional, gula kelapa atau gula merah hadir dengan sedikit nutrisi. Indeks glikemiknya rendah.

"Secara nutrisi, satu perbedaan antara gula kelapa dan gula tebu biasa adalah gula kelapa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ," kata Ahli diet terdaftar Carissa Galloway RD seperti dilansir laman Well and Good.

Banyak pembuat roti sehat menggunakan gula kelapa sebagai alternatif yang lebih baik daripada gula tebu untuk pelanggannya.

Gula kelapa terbuat dari nira pohon kelapa, seperti sirup maple yang bersumber dari getah pohon maple.

Baca Juga: Ibu Menyusui Mengonsumsi Gula Berlebih Berisiko Membuat Anaknya Diabetes

Baca Juga: Studi : 1 dari 5 Pasien Mengembangkan Penyakit Mental Dalam Waktu 3 Bulan Setelah Sembuh Dari Covid-19

Setelah dikumpulkan, nira pohon kelapa dipanaskan dan airnya dibiarkan menguap. Saat mengering, jadilah gula merah, kristalisasi yang manis seperti gula putih biasa.