Find Us On Social Media :

Curiga Anak Terlambat Bicara? Ini Cara Mendeteksi dan Menstimulasi

Terapi wicara bagi anak yang terlambat bicara dapat diberikan dengan cara bermain.

GridHEALTH.id - Beberapa anak usia 3 tahun suka berbicara, sementara anak-anak lain pada usia yang sama duduk diam, mengucapkan satu atau dua kata sesekali - atau hanya menunjukkan apa yang mereka inginkan. Pada titik manakah orangtua harus khawatir bahwa anak mereka tidak cukup berbicara?

Anak yang terlambat berbicara didefinisikan sebagai seorang anak yang berbicara kurang dari 50 kata pada usia 2 tahun dan tidak membentuk kalimat dua kata ("mama minum!").

Gangguan pendengaran atau kecacatan lainnya perlu disingkirkan terlebih dahulu, kata ahli terapi wicara Milena Hagemann. Tetapi diperkirakan 10% anak prasekolah akan terpengaruh oleh keterlambatan bicara.

Tapi berapa banyak kata yang rata-rata diucapkan anak kecil? Bagi kebanyakan dari mereka, segalanya benar-benar berjalan dari 18 bulan dan seterusnya.

Ini adalah saat ledakan kosakata terjadi pada anak-anak, di mana mereka terus-menerus mempelajari kata-kata baru dan mengulangi semua yang ibu atau ayah katakan.

Pada usia ini, kosakata mereka terdiri dari sekitar 50 hingga 150 kata. Pada usia tiga tahun, hampir semua anak dapat merumuskan kalimat multi-kata dan mengungkapkan apa yang mereka inginkan.

Baca Juga: Begini Cara Kenali Kebutuhan Emosi Anak Agar Tak Jadi Anak Nakal

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu, Siklus Haid Teratur Perbesar Peluang Kehamilan

Jika orangtua merasa anak mereka tidak cukup bicara, mereka dapat mulai dapat melakukan penilaian.