Find Us On Social Media :

Sekolah Tatap Muka Akan Mulai Januari 2021, KPAI Sebut Hanya 16,32 Persen Sekolah Siap Tatap Muka

Ada kekhawatiran terkait penerapan sekolah tatap muka

GridHEALTH.id -  Sebulan lagi, tepatnya Januari 2021, Indonesia akan kembali melangsungkan sekolah tatap muka.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah boleh melaksanakan sekolah tatap muka dengan memenuhi syarat tertentu.

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka Akan Kembali Diberlakukan, Pelajar SD di Yogyakarta Malah Sudah Tertular Covid-19 dari Sekolah

“Jadinya bulan Januari 2021. Jadi daerah dan sekolah diharapkan dari sekarang kalau siap melakukan tatap muka, kalau ingin melakukan tatap muka, harus segera meningkatkan kesiapannya untuk melaksanakan ini dari sekarang sampai akhir tahun,” jelas Nadiem pada Jumat (20/11/2020) lewat akun YouTube Kemendikbud RI.

Kendati demikian, Komisionar Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mengatakan, hanya 4,08 persen sekolah yang sudah menempelkan protokol atau Sistem Operasional Prosedur (SOP) adaptasi kebiasaan baru di lingkungan sekolah.

Baca Juga: Khasiat Air Rendaman Anggur yang Menakjubkan, Dari Jaga Imunitas Hingga Turunkan Kadar Gula Darah

"Hanya 4,08 persen sekolah yang melakukan rapid test untuk seluruh guru atau karyawan dan siswa yang akan pembelajaran tatap muka," kata Retno melalui keterangan tertulisnya, Selasa (1/12/2020), dikutip dari Kompas.com.