Find Us On Social Media :

Ibu Hamil Dengan Diabetes Tak Perlu Panik, Begini Mengendalikannya

Bila gula darah tidak dapat dikontrol, ibu hamil dengan diabetes harus mendapatkan insulin dengan dosis disesuaikan respons terapi.

GridHEALTH.id - Setelah diagnosis ditegakkan dan seorang wanita yang sedang mengandung  positif mengalami diabetes saat hamil (diabetes gestasional), apa yang harus dilakukan?

Tentu saja diabetes tersebut harus dikendalikan agar gula darahnya tetap stabil, cara yang utama adalah dengan pengaturan pola makan.

Oleh karena itu, selain berkonsultasi dengan dokter kandungan dan dokter ahli penyakit dalam spesialis diabetes, ibu hamil dengan diabetes tersebut dianjurkan juga bekerja sama dengan ahli gizi agar makanan yang dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuhnya.

Kerja sama dengan ketiga ahli medis ini harus dilakukan sejak awal kehamilan hingga menjelang persalinan.

Apabila dengan pengaturan pola makan, ternyata gula darah tetap tidak berhasil dikontrol, ibu hamil dengan diabetes harus mendapatkan insulin dengan dosis disesuaikan respons terapi.

Obat insulin yang digunakan tentunya harus yang aman alias tidak memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca Juga: Diabetes Gestasional, Glukosa Tinggi dalam Urine di Saat Hamil yang Perlu Diwaspadai

Baca Juga: Di Masa Pandemi Covid-19, Konsultasi Program Keluarga Berencana (KB) Bisa Dilakukan Lewat Telemedicine

Pada masa kehamilan, umumnya dokter menganjurkan tak mengonsumsi obat-obatan atau oral hiploglikemi karena kemungkinan efek cacat pada janin (teratogenik).