Find Us On Social Media :

Ada Benjolan Putih di Langit-langit Mulut Bayi, Berbahayakah?

Bagi ayah dan ibu baru, mungkin hal ini akan mengkhawatirkan. Padahal , epstain pearl adalah kondisi yang wajar terjadi pada bayi.

GridHEALTH.id - Pada saat bayi lahir, sering kali tampak benjolan putih di langit-langit mulutnya. Benjolan ini tampak seperti gigi yang mau tumbuh.

Biasanya tak hanya satu, beberapa benjolan ini kerap muncul pada gusi dan di sekitar mulut. Bagi ayah dan ibu baru, mungkin hal ini akan mengkhawatirkan. Padahal , ini kondisi yang wajar terjadi pada bayi.

Benjolan pada langit-langit ini dinamakan Epstain Pearls atau Gingival cysts atau kista gingival. Sering juga disebut kista lamina gigi. Umumnya merupakan kondisi yang tidak berbahaya pada bayi.

Menurut UCLA School of Dentistry, sebanyak 90% bayi yang baru lahir memiliki  Epstain Pearls.

Sedangkan menurut sebuah artikel  Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry. edisi 2008, kondisi ini sama pada anak laki-laki dan perempuan. Dan lebih sering muncul di langit-langit mulut dari pada di gusi.

Berita baiknya, tak perlu perhatian khusus untuk menangangi benjolan ini. Benjolan ini akan menyusut dalam beberapa minggu. Dalam beberapa kasus, Epstein Pearls  dapat hilang dan kambuh selama enam bulan pertama.

Baca Juga: Awas Bakteri di Mulut Bayi, Ini Cara Menjaga Kebersihan Mulut Bayi

Baca Juga: Ini Dia Kaitan Antara Kelebihan Gula dengan Risiko Penyakit Jantung

Meski demikian, perlu diwaspadai jika benjolan ini nampak semakin besar dan membuat bayi nyaman saat minum ASI atau makan. Juga jika pertumbuhannya menghambat proses makannya atau tampaknya menyebabkan rasa sakit pada bayi.