Find Us On Social Media :

Ini Dia Kaitan Antara Kelebihan Gula dengan Risiko Penyakit Jantung

Asupan gula berlebihan melebihi dosi harian berisiko meningkatkan gangguan hingga serangan jantung.

GridHEALTH.id - "Mengonsumsi gula berlebih menciptakan lonjakan insulin dan kadar gula darah, diikuti dengan penurunan cepat. Penurunan ini dapat meningkatkan risiko peradangan, dan peradangan adalah dasar dari semua penyakit jantung", jelas Kristin Kirkpatrick, MS, RDN, ahli gizi dan penulis buku "Skinny Liver."

“Lebih lanjut, gula tidak memberikan manfaat nutrisi, jadi jika bukan gula, berarti kita dapat  dapat mengganti makanan padat nutrisi lainnya yang terkait dengan penurunan risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung,” katanya.

Para peneliti mengatakan dosis gula harian yang tinggi dapat menyebabkan obesitas serta kadar glukosa dan insulin yang lebih tinggi, semua faktor dalam penyakit kardiovaskular.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan orang dewasa tidak melebihi 6 sendok teh (25 gram) gula per hari.

Jadi, jika kita minum satu minuman manis bersoda dengan volume 12 ons, itu setara dengan 130 kalori dan 8 sendok teh (34 gram) gula, berarti kita sudah melebihi batas gula yang disarankan AHA untuk hari itu.

Dalam hal ini, Caroline West Passerrello, MS, RDN, LDN berkata, "Anda harus sangat memperhatikan sumber tambahan gula dalam makanan Anda."

"Ingatlah bahwa ada berbagai jenis gula dan Anda ingin memikirkan perusahaan tempat penyimpanan gula Anda," katanya kepada Healthline.

Baca Juga: Kebanyakan Gula Bisa Sebabkan Anak Jadi Hiperaktif? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Skotlandia, Wilayah Pertama di Dunia yang Membagikan Pembalut Gratis

"Misalnya, gula dari soda hanya mengandung kalori, sedangkan gula dari buah utuh hadir dengan nutrisi."