Find Us On Social Media :

Jangan Lagi Menutup Hidung Ketika Bersin, Ternyata Bisa Bikin Stroke

Menutup hidung di saat bersin bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, di antaranya stroke.

 

GridHEALTH.id – Sering kali karena berbagai alasan kita jadi bersin. Mulai hawa dingin, flu, pilek, alergi hingga akibat hidung gatal.

Demi kesopanan, kita biasanya menutup hidung saat bersin. Namun siapa sangka, tindakan ini justru bisa berakibat buruk.

Ternyata menutup hidung saat akan bersin menyimpan sebuah bahaya. Diketahui bahwa hal ini jika dilakukan dapat membuat gendang telinga kita menjadi retak.

"Udara yang keluar saat kita sedang bersin memiliki kecepatan sekitar 160 kilometer per jam. Sehingga jika kita menghentikan bersin secara tiba-tiba maka tekanan ini akan dialihkan ke bagian tubuh lain seperti telinga yang kemudian dapat mengakibatkan gendang telinga retak dan kesehatan pendengaran kita bisa terancam," terang sebuah penelitian di Kanada pada 2009 yang diunggah di boldsky.com.

Tenaga yang keluar dari bersin ini bakal menghadirkan sejumlah masalah jika coba kita tahan. Selain pada telinga, hal ini juga bisa menyebabkan masalah pada mata dan bahkan menghadirkan stroke.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Bersin, Dari Membersihkan Hidung Hingga Pertanda Orgasme

Baca Juga: Gemar Makan Daging Babi, Otak Pria Ini Tenyata Dipenuhi Cacing Pita

Baca Juga: Mengenal Plus Minus Kondom, Alat Kontrasepsi Praktis Untuk Pria

"Selain bisa membahayakan kesehatan telinga, saat kita bersin dan kita menutup hidung maka tekanan udara yang terjebak di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan mata dan kapiler darah di mata kita bisa juga bisa terluka.