Find Us On Social Media :

7 Fakta Tentang Bersin, Dari Membersihkan Hidung Hingga Pertanda Orgasme

Saat terjadinya bersin, akan banyak mikroba yang keluar. Maka perlu ditutup hidungnya saat bersin.

GridHEALTH.id - Bersin adalah salah satu respons tubuh yang sering dialami oleh kita sehari-hari. Ketika bersin kebanyakan orang mendefinisikan sebagai pilek.

Bersin yang memiliki nama media sternutasi ini, tidak selamanya dampak dari pilek. Walaupun gejala ini bisa sangat menjengkelkan, itu biasanya bukan hasil dari masalah kesehatan yang serius.

Dilansir dari Health Line, bersin adalah cara tubuh menghilangkan iritasi dari hidung atau tenggorokan.

Bersin adalah pengusiran udara yang kuat dan tidak disengaja. Bersin sering terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan.

Bersin juga merupakan salah satu pertahanan tubuh pertama untuk melawan bakteri dan serangga. Ketika ada benda asing seperti serbuk, kotoran, debu atau asap yang masuk ke hidung, hidung akan melakukan pembersihan.

Lapisan halus di hidung akan mengirim sinyal ke otak bahwa hidung perlu dibersihkan, kemudian otak memberi sinyal pada tubuh untuk bersin, selanjutnya tubuh akan mempersiapkan diri untuk bersin.

Baca Juga: Tak Cuma Saat Batuk Atau Bersin, Ilmuwan Ini Sebut Virus Corona Juga Menyebar Saat Berbicara

Baca Juga: Studi : Pil KB Ternyata Bermanfaat Mengurangi Risiko Rematik

Baca Juga: Obat Batuk Dapat Membantu Melawan Diabetes Tipe 2? Ini Faktanya

Proses ini terjadi hanya dalam beberapa detik. Saat terjadinya bersin, akan banyak mikroba yang keluar. Mikroba yang keluar dapat menyebarkan penyakit seperti flu.