Find Us On Social Media :

Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Timbulkan Efek Samping, Para Relawan Alami Sakit Kepala Hingga Nyeri Otot

Relawan uji klinis vaksin pfizer mengalami berbagai efek samping.

GridHEALTH.id - Vaksin buatan Pfizer dan BioNTech menjadi salah satu vaksin virus corona (Covid-19) yang menunjukan hasil yang positif.

Dimana vaksin Covid-19 dari perusahaan Amerika Serikat tersebut memiliki tingkat kemanjuran yang paling tinggi saat ini, yakni 95 %.

Namun baru-baru ini beredar kabar bahwa para relawan yang telah disuntik vaksin pfizer mengalami beberapa efek samping setelahnya.

Hal itu diketahui setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengeluarkan rilis terkait hasil uji klinis yang telah Pfizer lakukan.

Dikutip dari Business Insider, dilaporkan bahwa orang di bawah usia 55 tahun lebih banyak mengalami efek amping setelah disuntik vaksin.

Efek samping vaksin Covid-19 ini biasanya muncul dalam beberapa hari setelah menerima dosis dan hanya berlangsung rata-rata selama satu atau dua hari saja.

Berdasarkan data yang dirilis oleh FDA, para peniliti disana sebenarnya telah mengatakan bahwa tidak ada masalah keamanan spesifik yang diidentifikasi yang akan menghalangi penerbitan otorisasi penggunaan darurat.

Baca Juga: Epidemiolog Prediksi: 'Minimal Ada 200 Dokter Meninggal Karena Covid sampai Desember'

Baca Juga: Ibu Hamil Disarankan Minum Susu, Ternyata Ini Dia Alasannya