Find Us On Social Media :

WHO : 7 dari 10 Pembunuh Teratas Sebelum Covid-19 Adalah Penyakit Tidak Menular

Diabetes adalah contoh penyakit tidak menular yang menyumbang penyebab kematian tertinggi.

GridHEALTH.id - Penyakit tidak menular (NCD/Non-communicable diseases) menyumbang tujuh dari 10 penyebab kematian teratas sebelum pandemi virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan Rabu (09/12/2020), dengan penyakit jantung membunuh lebih banyak orang daripada sebelumnya.

Perkiraan Kesehatan Global terbaru dari WHO menambahkan data 2019 ke statistik dari tahun 2000, menemukan bahwa orang-orang hidup lebih lama, belum tentu hidup dalam kesehatan yang baik.

Studi tersebut, yang memperlihatkan tren selama dua dekade terakhir dalam mortalitas dan morbiditas yang disebabkan oleh penyakit dan cedera, menunjukkan bahwa NCD hanya merupakan empat dari 10 penyebab kematian teratas pada tahun 2000, meningkat menjadi tujuh tahun lalu.

Covid-19 kemungkinan akan masuk dalam 10 besar tahun 2020, kata pejabat WHO, dengan jumlah kematian melewati angka 1,5 juta pada 3 Desember 2020.

Pada 2019, sekitar 55,4 juta kematian tercatat di seluruh dunia. Sepuluh besar penyebab kematian menyumbang 55% dari kematian tersebut. Mereka terbagi dalam tiga kategori besar: kardiovaskular, pernapasan, dan neonatal.

Lima penyebab utama kematian, secara berurutan, adalah penyakit jantung; stroke; penyakit paru obstruktif kronis; infeksi saluran pernapasan bawah; dan kondisi neonatal.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Meredakan Asam Lambung, Sederhana Tak Pakai Mahal

Baca Juga: Berita Kesehatan Diabetes: Rahasia Panjang Umur Penderita Diabetes

Baca Juga: Obat Ambeien yang Mudah dan Murah, Bisa Lakukan Sendiri di Rumah

Angka-angka itu, "jelas menyoroti perlunya fokus global yang intensif dalam mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes dan penyakit pernapasan kronis, serta menangani cedera," kata WHO dalam sebuah pernyataan.