Find Us On Social Media :

Wiku; Pasien Covid-19 di Indonesia Dengan Komorbid Penyakit Ginjal Paling Tinggi Risiko Kematiannya

Penyakit ginjal menjadi komorbid yang paling tinggi risiko kematiannya pada pasien Covid-19.

GridHEAlTH.id - Analisis risiko kematian pasien positif virus corona (Covid-19) di Indonesia telah dilakukan Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 selama 5 bulan terakhir.

Dimana dalam penelitiaannya, Tim Satgas Covid-19 menemukan bahwa pada jenis komorbid, penyakit ginjal memiliki risiko kematian paling tinggi yakni 13,7 kali lebih besar dibandingkan pasien yang tidak memiliki penyakit ginjal sama sekali.

Disusul komorbid penyakit jantung, yang memiliki risiko 9 kali lebih besar dibandingkan yang tidak memiliki penyakit jantung.

Penyakit diabetes mellitus memiliki risiko kematian 8,3 kali lebih besar, hipertensi 6 kali lebih besar dan penyakit imunitas memiliki risiko 6 kali lebih besar dibandingkan yang tidak memilikinya.

Hasil ini pun disampaikan langsung Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/12/2020) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Pfizer, 4 Orang Alami Lumpuh Wajah, Benarkah?

Baca Juga: Sering Melewatkan Sarapan, Serangan Jantung Menanti, Hindari Bubur dan Mi