Find Us On Social Media :

Wiku Adisasmito :'Tren Covid-19 Memburuk, Masyarakat Masih Ceroboh dan Sedang Menggali Kubur Sendiri'

Prof Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19.

GridHEALTH.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memperingatkan masyarakat terkait memburuknya tren penyebaran virus corona penyebab Covid-19 di Indonesia.

Diketahui, jumlah kasus aktif Covid-19 secara nasional terus meningkat drastis dalam beberapa bulan terakhir.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa masyarakat masih ceroboh dalam penerapan protokol kesehatan, sehingga mereka membahayakan dirinya sendiri dan orang lain di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir ini.

"Ini bukti masyarakat masih ceroboh. Jika keadaan ini terus berlangsung, ini seperti kondisi di mana masyarakat menggali kuburnya sendiri," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi persnya yang ditayangkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (24/12/2020).

Wiku lantas merinci gambaran memburuknya kasus Covid-19 di Tanah Air. Berawal pada periode Maret hingga Juli 2020, kasus aktif Covid-19 meningkat dari 1.107 menjadi 37.342 kasus.

Baca Juga: Pabrik Pembuat Rokok Umumkan Bakal Berpartisipasi Dalam Pembuatan Vaksin Covid-19, Menggunakan Teknologi Tanaman Tembakau

Baca Juga: 3 Keluhan Pasca Operasi Sesar yang Sering Muncul, Ini Solusinya

Peningkatan ini membutuhkan waktu empat bulan. Peningkatan kasus aktif tersebut juga diikuti dengan kenaikan testing Covid-19 hingga 50%.