Find Us On Social Media :

Vaksin Covid-19 Dinilai Kurang Efektif Pada Orang Obesitas, Studi

Vaksin Covid-19 kurang efektif khasiatnya bila disuntikkan pada orang gemuk dan obesitas. Demikian menurut suatu studi.

GridHEALTH.id - Ketersediaan vaksin Covid-19 mungkin menjadi cahaya di ujung terowongan di masa pandemi ini. Tapi tampaknya hal ini tidak berlaku bagi semua orang.

Orang yang menderita obesitas, misalnya, meski sudah divaksin,  mungkin masih rentan terhadap Covid-19.

Banyak peneliti yang meyakini bahwa obesitas, yang dianggap sebagai salah satu faktor risiko terbesar Covid-19 dapat menghalangi keampuhan dan efektivitas vaksin Covid-19 saat ini.

Menurut laporan yang baru-baru ini diterbitkan di Nature, orang gemuk menyajikan respons yang 'minimum' dan mungkin tidak dapat memasang antibodi yang cukup. Mereka juga dapat memiliki respons yang tertunda, membuat vaksin Covid-19 tidak efektif untuk mereka.

Untuk kelompok berisiko tinggi yang sudah rentan terhadap bahaya Covid-19 yang parah, penemuan tersebut hanya memicu lebih banyak kekhawatiran.

Obesitas, yang telah berubah menjadi epidemi gaya hidup global merupakan masalah kesehatan utama.

Baca Juga: Studi : Penumpukan Lemak di Dalam Tubuh Tak Selalu Buruk, Lemak Cokelat Malah Bisa Melindungi Tubuh dari Risiko Obesitas dan Diabetes

Baca Juga: Sindrom Pasca Covid-19, Dua Gejala Umum Dialami Pasien Menurut Studi

Obesitas dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak aktif dan tidak aktif, masalah hormonal, obat-obatan, pola makan yang buruk, genetika, yang dipicu oleh penyakit atau beberapa faktor psikologis.