Find Us On Social Media :

Betulkah Konsumsi Pil KB Membuat Gemuk ? Ini Faktanya

Ilustrasi kenaikan berat badan

GridHEALTH.id - Usai melahirkan anak kedua, Dini (30) berencana untuk tidak lagi memiliki buah hati. Dia dan suami memang bercita-cita memiliki keluarga kecil dengan dua anak saja.

Dini pun mulai mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi yang tepat dan efektif mencegah kehamilan, agar berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat bersama.

Pilihan Dini jatuh pada pil KB dengan pertimbangan kepraktisan dan tidak perlunya tindakan medis untuk memasukkan kontrasepsi ke dalam tubuh.

Namun, di dalam hati kecilnya, Dini merasa ragu karena seringkali mendengar cerita dari teman-temannya bahwa penggunaan pil KB membuat gemuk. Keraguan bertambah setelah ia menemukan beberapa artikel di internet yang mengemukakan hal serupa.

Baca Juga: Kram Menstruasi: Tiga Posisi Tidur Terbaik Untuk Meredakan Nyeri Perut

Perempuan lain yang mempertimbangkan penggunaan pil KB sebagai kontrasepsi mungkin juga memiliki keraguan yang sama dengan Dini. Apa benar pil KB menyebabkan kegemukan ? Jika ya, gawat juga.

Keinginan memiliki berat badan ideal seperti sebelum melahirkan saja belum tercapai, sudah harus bertambah lagi akibat penggunaan pil KB. Rasa percaya diri pastinya akan terjun bebas.

Nah, sebelum berspekulasi, yuk cek fakta terlebih dahulu apakah mitos ini benar atau tidak.

Benarkah Pil KB membuat gemuk ?

Anggapan pil KB membuat gemuk ternyata dipatahkan oleh berbagai temuan dan penelitian yang dilakukan banyak pihak.

Baca Juga: Bentuk Salam Paling Direkomendasikan Selama Pandemi Virus Corona

Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh pakar Obstetri dan Ginekologi Ingela Lindh dari , Swedia.