Find Us On Social Media :

Prioritaskan Vaksin Covid-19 Pada Penyandang Diabetes, Seruan Peneliti

Penyandang diabetes perlu mendapat prioritas untuk memperoleh vaksin Covid-19 terlebih dulu. Seruan peneliti.

 

GridHEALTH.id - Para peneliti telah mendesak para pembuat kebijakan untuk memprioritaskan pemberian vaksin Covid-19 pada individu dengan diabetes karena orang-orang seperti itu, tiga kali lebih mungkin menderita penyakit parah atau memerlukan rawat inap dibandingkan dengan orang-orang tanpa diabetes.

Sementara penelitian menunjukkan bahwa mereka dengan diabetes tipe 2 berada pada risiko lebih tinggi untuk komplikasi yang lebih serius dan dirawat di rumah sakit jika mereka terkena Covid-19, sedikit yang diketahui tentang risiko individu dengan diabetes tipe 1.

“Data kami mendukung memprioritaskan individu dengan tipe 1 atau individu dengan diabetes tipe 2 untuk imunisasi bersama dengan kondisi medis berisiko tinggi lainnya yang meningkatkan risiko menjadi sangat sakit dengan Covid-19, seperti penyakit jantung atau paru-paru,” kata Justin Gregory, pimpinan penyelidik dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee.

Tim peneliti mengidentifikasi catatan kesehatan elektronik (EHRs) lebih dari 6.000 pasien yang memiliki diagnosis Covid-19 selama periode dari pertengahan Maret hingga minggu pertama Agustus 2020.

Baca Juga: Kekuatan Genggaman Tangan Bisa Mendeteksi Risiko Diabetes Tipe 2

Baca Juga: Sistem Kekebalan Pasien Covid-19 yang Pulih Bisa Melawan Varian Virus Corona

Tim kemudian meninjau dengan cermat catatan medis pasien dan menghubungi banyak orang melalui telepon untuk mengidentifikasi faktor risiko tambahan dan mengumpulkan lebih banyak informasi tentang bagaimana Covid-19 memengaruhi kesehatan mereka.