Find Us On Social Media :

Stadium Kanker Usus Besar, Pengobatan Disesuaikan dengan Tahapan

Mengetahui stadium kanker usus besar sangat penting untuk menentukan pendekatan pengobatan terbaik bagi si pasien.

GridHEALTH.id - Jika didiagnosis menderita kanker usus besar (juga dikenal sebagai kanker kolorektal), salah satu hal pertama yang ingin ditentukan oleh dokter mengetahui stadium kanker.

Stadium mengacu pada sejauh mana kanker dan seberapa jauh penyebarannya. Stadium kanker usus besar sangat penting untuk menentukan pendekatan pengobatan terbaik.

Kanker usus besar biasanya dijabarkan berdasarkan sistem yang ditetapkan oleh Komite Bersama Amerika tentang Kanker (American Joint Committee on Cancer) yang disebut TNM staging system.

Sistem pementasan TNM mempertimbangkan faktor-faktor berikut;

- Tumor primer (T). Tumor primer mengacu pada seberapa besar tumor aslinya dan apakah kanker telah tumbuh ke dinding usus besar atau menyebar ke area terdekat.

- Kelenjar getah bening regional (N). Kelenjar getah bening regional mengacu pada apakah sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya.

-  Metastasis jauh (L): Metastasis jauh mengacu pada apakah kanker telah menyebar dari usus besar ke bagian tubuh lain, seperti paru-paru atau hati.

Dalam setiap kategori, penyakit diklasifikasikan lebih jauh dan diberi nomor atau huruf untuk menunjukkan tingkat penyakit.

Penugasan ini didasarkan pada struktur usus besar, serta seberapa jauh kanker telah tumbuh melalui lapisan dinding usus besar.

Baca Juga: Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman Wafat Karena Kanker Usus, Gejalanya Mirip Sindrom Iritasi Usus Besar

Baca Juga: Penyandang Diabetes Wajib Mengonsumsi Magnesium, Ini Manfaatnya

Tahapan kanker usus besar adalah sebagai berikut:

Tahap 0

Ini adalah tahap paling awal dari kanker usus besar dan artinya belum tumbuh di luar mukosa, atau lapisan paling dalam dari usus besar.