Find Us On Social Media :

Angka Terinfeksi Covid-19 Tembus 1 Juta, Epidemiolog Minta Pemerintah Lockdown Pulau Jawa

Epidemiolog Dicky Budiman menganjurkan agar Pulau Jawa dilakukan total lockdown untuk menekan penyebaran virus corona.

GridHEALTH.id - Angka terinfeksi Covid-19 di dunia terus naik, begitu pula di Indonesia. Bahkan pada Selasa (26/01/2021) penambahan kasus covid-19 di Indonesia berjumlah 13.094 kasus.

Tambahan itu didapat dari pemeriksaan baik menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) atau tes swab, maupun tes cepat molekuler (TCM) terhadap 48.097 orang.Total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 1.012.350 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 820.356 orang dinyatakan telah sembuh, 163.526 orang menjalani perawatan di RS atau isolasi mandiri, sementara 28.468 orang lainnya meninggal dunia.

Melihat angka terinfeksi Covid-19 yang sudah di atas 1 juta orang, epidemiolog Dicky Budiman dari Griffith Univesity mengatakan pemerintah sudah harus menerapkan karantina wilayah alias lockdown secara total.

Dicky bahkan menganjurkan agar Pulau Jawa dilakukan total lockdown. "Mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, memang seharusnya untuk Pulau Jawa itu lockdown.

Karena situasi berdasarkan indikator epidemiologis sudah mendukung itu, karena episentrum kasus Covid-19 ya di pulau Jawa," kata Dicky dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (26/01/2021).Dicky menyebut pemerintah tak perlu memberikan toleransi atau pengecualian terhadap beberapa sektor dalam pembatasan total nanti.

Baca Juga: Di Tengah Kontroversi Perlu Tidaknya, Lockdown Ternyata Masih Jadi Pilihan, Buktinya Inggris Akan Terapkan Selama Satu Bulan

Baca Juga: Inggris Tembus 100 Ribu Meninggal Akibat Covid-19, PM Boris Johnson : 'Saya Menyesal dan Minta Maaf'

Menurutnya, seluruh sektor seperti perkantoran, tempat perbelanjaan, dan transportasi harus ditutup.