Find Us On Social Media :

Setelah Prediksi Pandemi Pada 2015, Gates Minta Dunia Waspadai Bioterorisme

Ramalannya pada 2015 terbukti tepat soal pandemi virus corona yang terjadi sekarang, Bill Gates memprediksi berikutnya bioterorisme akan menghantui dunia.

GridHEALTH.id - "Kami belum siap menghadapinya, tetapi pandemi berikutnya akan muncul," Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft Corporation dan dermawan, mengatakan pada tahun 2015 di atas panggung saat pidato yang diselenggarakan oleh media TED. Di layar belakang tampak ilustrasi virus influenza, atau H1N1.

Pidatonya berjudul, "Wabah berikutnya? Kami belum siap", dan hari ini dunia masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan jutaan kematian secara global. Kekhawatiran Gates 6 tahun lalu terbukti.

Baru-baru ini, dia juga merefleksikan ramalannya yang terkenal dan mengatakan bahwa perubahan iklim dan bioterorisme akan menjadi bencana global berikutnya yang menunggu dunia.

Gates memperkirakan pandemi global saat ini pada 2015, setelah wabah virus Ebola yang dicegah berkembang menjadi wabah global pada 2014.

Lebih dari lima tahun kemudian, pada 4 Februari 2021, Gates menjadi tamu di saluran YouTube populer Derek Muller "Veritasium", saluran yang sebagian besar berfokus pada konten tentang sains dan pendidikan.

Muller bertanya kepada Gates bagaimana perasaannya ketika melihat prediksinya menjadi kenyataan.

Baca Juga: Menteri Singapura: 'Pandemi Covid-19 Baru Berakhir 5 Tahun Lagi'

Baca Juga: Waspadai Gangguan Pramenstruasi Dysphoric, Gangguan Mental Sebelum Haid yang Lebih Parah

Gates berkata tidak ada perasaan senang yang datang dengan mengatakan, "Sudah kubilang," dalam keadaan seperti itu. “Anda tahu, saya hanya memikirkan kembali dan (berpikir,) bisakah saya lebih persuasif?” tanya Gates.