Find Us On Social Media :

Gawat, Varian Virus Corona Baru di Finlandia Tak Terbaca Oleh PCR!

Varian virus corona terbaru dari Finlandia tidak dapat dideteksi lewat tes PCR.

GridHEALTH.id - Varian virus corona telah menjadi perjuangan utama para ilmuwan sementara upaya vaksin Covid-19 mulai meningkat di seluruh dunia melawan pandemi Covid19 global, dan sekarang strain baru di Finlandia mungkin telah bermutasi sedemikian rupa sehingga memungkinkannya untuk lolos dari deteksi dalam reaksi berantai polimerase. (PCR), menurut para ahli.

Laboratorium Vita yang berbasis di Helsinki mengatakan varian Fin-796H berbeda dari strain yang sebelumnya ditemukan di Afrika Selatan dan Inggris dan bahwa virus corona baru yang bermutasi mungkin tidak muncul dalam tes PCR, penyiar publik nasional Finlandia YLE melaporkan.

"Variannya ditemukan pada pasien minggu lalu, jadi rincian tentang infektivitas dan potensi resistensi strain ini terhadap vaksin belum diketahui," kata Taru Meri, seorang peneliti di Vita Laboratories, kepada Yleisradio Oy (YLE), penyiar publik nasional Finlandia.

Penemuan baru ini muncul saat dunia mencoba menangani beberapa varian lain, termasuk tiga varian utama dari Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil. Varian B.1.1.7, yang berasal dari Inggris, terus menyebar ke seluruh dunia dan banyak negara masih berusaha untuk menahannya.

Sementara itu, strain Afrika Selatan, atau B.1.351, banyak  menimbulkan pertanyaan tentang reinfeksi dan kekuatan menghadap vaksin.

Baca Juga: Menghadapi Varian Virus Corona yang Makin Beragam, Inggris Coba 'Oplos' Vaksin Covid-19 Agar Lebih Efektif

Baca Juga: Temuan Studi Terbaru, Polusi Udara Dapat Menyebabkan Kerusakan MataBaca Juga: Virus Corona Jenis Baru Ditemukan Di Inggris, Lebih Cepat Menular

Para ahli cemas, kemampuan varian baru dari  Finlandia untuk lolos dari deteksi dapat menimbulkan komplikasi baru dalam perang melawan virus corona.