Find Us On Social Media :

Selalu Baca Label Makanan yang Dikonsumsi Ternyata Bisa Cegah Obesitas, Ini Kata BPOM

Selalu cek label makanan sebelum membelinya.

GridHEALTH.id - Obesitas atau berat badan berlebih saat ini disebut sebagai salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

Seperti tercatat dalam situs situs worldometers.info per 2020, yang menyebutkan setidaknya ada  750.357.175 orang dengan kondisi obesitas di dunia.

Dimana setiap tahunnya 2,6 juta orang dewasa dilaporkan meninggal dunia akibat obesitas, kondisi ini membuatnya menjadi salah satu faktor penyebab kematian tertinggi kelima di dunia.

Ancaman obesitas ini pun diakui Koordinator Kelompok Standardisasi Pangan Olahan Keperluan Gizi Khusus, Direktorat Standardisasi Pangan Olahan BPOM, Yusra Egayanti, S.Si, Apt, MP.

Baca Juga: Garam Untuk Tangkal Infeksi Covid-19, Faktanya Lemahkan Imunitas

Menurutnya jumlah orang yang engalami di Indonesia pun tak kalah mengkhawatirkan.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 disebutkan bahwa prevalensi obesitas pada orang dewasa di atas 18 tahun terus meningkat dari tahun ke tahun sejak 2007.

Hasil Riskesdas 2018 Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan menunjukkan prevalensi obesitas meningkat sejak tiga periode Riskesda yaitu pada 2007 10,5%, 2013 14,8%, dan 2018 21,8 %.

Padahal menurut Yusra obesitas sebenarnya kondisi yang bisa dicegah sejak dini seperti dengan membatasi asupan asupan gula garam lemak (GGL).