Find Us On Social Media :

Perawatan Pasca Melahirkan: 6 Zat Gizi yang Wajib Dipenuhi Ibu Agar Bisa Menyusui Dengan Lancar

Perawatan terpadu pasca melahirkan (integrated postnatal care).

GridHEALTH.id - Setelah persalainan salah satu hal terpenting yang harus seorang ibu dan keluarga perhatikan adalah postnatal care alias perawatan pasca melahirkan.

Perawaran pasca melahirkan menjadi sangat penting karena selain mempercepat pemulihan Ibu dan mencegah komplikasi setelah melahirkan.

Itu juga akan meningkatkan kualitas hubungan Ibu dan bayi serta keluarga nantinya.

Perlu diketahui fase kritis bagi kehidupan ibu dan bayi yang baru lahir adalah hari dan minggu pertaman setelah persalinan (periode postnatal).

Baca Juga: Sering Terjadi di Akhir Masa Kehamilan, Ini Penyebab Sakit Pinggang dan Cara Mengatasinya

Dimana sebagian besar kematian Ibu dan bayi terjadi dalam periode tersebut.

Kejadian ini umumnya terjadi berkaitan dengan kurangnya perawatan berkualitas saat lahir dan perawatan setelah lahir di hari-hari pertama kehidupan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diperkirakan ada 303.000 kematian ibu setiap tahun yang sebagian besar kematian ini terjadi setelah melahirkan.

Menanggapi hal itu, dr. Patricia Halim Puteri, Sp.GK, Spesialis Gizi dari Klinik Health360 Indonesia menjelaskan bahwa terdapat beberapa perubahan pada fisik ibu pasca melahirkan.

Misalnya perubahan berat badan, perubahan bentuk payudara, perubahan pada uterus, vagina dan vulva, menjadi sulit menahan buang air kecil, muncul stretch mark pada bagian tubuh tertentu serta kerontokan rambut.