Find Us On Social Media :

Riset Satu Dekade Secara Global, 1 dari 42 Anak Lahir Kembar

Anak kembar dan kembar tiga duduk di kereta dorong mereka saat mereka tiba di Festival Anak Kembar, di Kyiv, Ukraina.

GridHEALTH.id - Tingkat kelahiran anak kembar telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa secara global.

Jumlah anak kembar yang lahir di dunia, yakni satu dari setiap 42 anak lahir kembar, lebih tinggi dari sebelumnya, menurut penelitian baru yang telah yang mengutip peningkatan pesat dalam reproduksi yang dibantu secara medis sebagai faktor kunci.

Sekitar 1,6 juta anak kembar lahir setiap tahun, sekitar sepertiganya lebih dari empat dekade lalu, menurut sebuah studi tentang reproduksi manusia yang dirilis Jumat (12/03/2021), dikutip dari AFP.

"Jumlah relatif dan absolut kembar di dunia lebih tinggi daripada yang pernah mereka alami sejak pertengahan abad kedua puluh dan ini kemungkinan akan menjadi yang tertinggi sepanjang masa," kata penulis utama Christiaan Monden, seorang profesor di Universitas Oxford.

Munculnya teknologi reproduksi berbantuan (ART), antara lain proses bayi tabung, di negara maju sejak tahun 1970-an, terutama Amerika Serikat dan Eropa, telah berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kelahiran ganda, studi tersebut menemukan.

Para ibu yang melahirkan pada usia yang lebih tua - ketika angka kelahiran kembar lebih tinggi - juga merupakan faktor, seperti meningkatnya penggunaan kontrasepsi, wanita yang memilih untuk memulai keluarga di kemudian hari dan menurunkan kesuburan secara keseluruhan.

Baca Juga: Desa Kembar, Dihuni Oleh Puluhan Manusia Kembar, Tertua Usia 50 Tahun

Baca Juga: 'Tragedi' AstraZeneca Sebabkan Dunia Alami Kemunduran Pemberian Vaksin Covid-19, Padahal Virus Corona Terus Muncul

Peneliti mengumpulkan data dari 165 negara antara 2010 dan 2015, mencakup 99% populasi global.