Find Us On Social Media :

Vaksin Covid-19 Telah Diproduksi Jutaan, WHO Sesalkan Negara Miskin Tidak Kebagian

Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin Covid-19 selama program vaksinasi massal untuk Wisata Zona Hijau di Sanur, Bali.

GridHEALTH.id - "Peluncuran vaksin Covid-19 telah memberi dunia harapan, tetapi kontras antara distribusi suntikan di negara-negara miskin dan kaya adalah 'aneh'," kata kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Kesenjangan antara jumlah vaksin yang diberikan di negara-negara kaya dan jumlah vaksin yang diberikan melalui Covax semakin bertambah dan menjadi semakin 'asing' setiap hari,” kata Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus, Senin (22/03/2021).

Banyak negara kaya telah berjanji untuk mendukung inisiatif COVAX, upaya yang sebagian dipimpin oleh WHO untuk memberikan akses vaksin kepada negara-negara miskin, tetapi sejauh ini hanya sedikit yang membagikan stok mereka.

Sementara banyak negara berpenghasilan rendah belum menerima satu dosis vaksin, beberapa negara kaya telah memesan dosis yang cukup untuk menyuntik populasi mereka dua kali.

"Negara-negara yang sekarang memvaksinasi orang yang lebih muda dan sehat dengan risiko rendah penyakit Covid-19 melakukannya dengan mengorbankan nyawa petugas kesehatan, orang tua (lansia) dan kelompok berisiko lainnya di negara lain," kata Tedros pada konferensi pers di Jenewa.

Baca Juga: WHO Sesalkan Ada Negara Prioritaskan Vaksin Covid-19 Pada Orang Dewasa Sehat

Tedros sering menyerukan upaya global untuk mendistribusikan vaksin secara adil dan memperingatkan bahwa jika virus menyebar tanpa hambatan di beberapa bagian dunia, mutasi dan varian dapat menjadi ancaman di mana-mana.