Find Us On Social Media :

Cegah Komplikasi, Begini CaraMengobati Luka Bakar Akibat Bahan Kimia

Menangani luka bakar akibat bahan kimia perlu dilakukan segera dan hati-hati demi terhindar dari komplikasi dan risiko kematian.

GridHEALTH.id - Luka bakar kimiawi atau terbakar akibat bahan kimia dapat terjadi jika seseorang bersentuhan langsung dengan bahan kimia atau asapnya.

Luka bakar ini dapat terjadi pada siapa saja di mana saja. Tak hanya itu, luka bakar kimiawi akan menyebabkan beberapa kerusakan kulit.

Tetapi kebanyakan orang pulih sepenuhnya tanpa konsekuensi kesehatan yang serius.

Luka bakar kimiawi yang parah memerlukan perawatan darurat segera untuk mencegah komplikasi dan, dalam beberapa kasus, kematian.

Baca Juga: Satpam Kosmas Pahlawan Jemaat Gereja Katedral Makassar dari Aksi Bom Bunuh Diri Alami Luka Bakar, Korban Bertambah Menjadi 14 Orang

Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov dalam artikel 'CHEMICAL BURNS', luka bakar kimiawi berdiri sendiri di antara luka bakar karena sifatnya yang unik dan tidak dapat diprediksi.

Meskipun luka kimia hanya sebagian kecil dari semua yang terlihat di unit luka bakar, diperlukan perhatian yang hati-hati.

Meskipun hanya sedikit orang di Amerika Serikat yang meninggal setelah kontak dengan bahan kimia di rumah, banyak zat yang umum di tempat tinggal dan penyimpanan dapat menyebabkan bahaya serius.